Software modeling untuk membuat Add-ons Trainz


Berikut ini ada 3 software untuk membuat Add-ons yang saya ketahui yaitu:
1.Sketchup merupakan salah satu software yang mempunyai fungsi dalam desain grafis model 3 dimensi yang digunakan dan dirancang untuk para profesional di bidang teknik sipil, arsitektur, dalam pembuatan game, film, dan rancangan yang terkait didalamnya.
Perkembangan SketchUp Software ini dikembangkan oleh perusahan startup@ last software boulder, colorado yang di bentuk pada tahaun 1999. Pada tahun 2000 sketchup di fungsikan sebagai alat dalam desain 3D. Penghargaan yang dimenangkan Commty Choise Award pada sebuah pameran pada tahun 2000.

Software SketchUp Make ( Free )
Perangkat lunak desain grafis ini dikembangkan oleh trimble, menyediakan software yang dapat di download secara gratis.
Software SketchUp Pro
Selain gratis, trimble juga menyediakan software pro ( berbayar ) dengan harga USD 590,00. Pendesain grafis banyak menggunakan software berbayar karena pada sketchup free sebagian menu belum bisa digunakan sementara pada sketchup pro semua menu bisa digunakan dan untuk imfort lebih banyak dibandingkan dengan SketchUp free ( gratis ).
ToolBar Utama
1. Pencil : Menuangkan garis di gambar dengan sebuah titik, ini lebih mudah karena saat garis sudah lurus ke tempat yang diinginkan, maka titik akhirnya menjadi hijau
2. Rectangle (Persegi), Circle (Lingkaran), Arc (Garis Lengkung) : Membentuk suatu bangun datar untuk diolah nantinya menjadi 3D
3. Push/Pull : inilah dasar dari 3D, setelah dibuat suatu bidang datar pada area gambar, maka anda dapat menggunakan tool ini untuk membuatnya menjadi 3D
Dan masih ada banyak fitur lainnya yang ada di SketchUp seperti zoom, eraser dan lain lain.
Kelebihan Sketchup
1.   Interface yang menarik dan simple
2.   Mudah digunakan oleh golongan pemula sekalipun
3.   Banyak open source dan plugin yang mendukung kinerja Sketchup
4.   Terdapat fitur import file keektensi seperti 3ds,dwg,pdf,jpg dll
5.   Aplikasi ringan dijalankan untuk komputer berbasis standard

Kekurangan Sketchup
1.Karena kesederhanaan Sketchup menjadkan susahnya pemodelan tingkat lanjut meski memakai plugin sekalipun
2.Terjadi Crash apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex ( terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut misal model manusia dari 3ds max ke Sketchup)
3.Hasil gambar kurang memuaskan

2.3D Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk,Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.

3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.


Kegunaan 3D Max
Digunakan dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object, baik untuk keperluan film, iklan, arsitektural (interior dan exterior, 3D building design), dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan obyek tiga dimensi.

Kelebihan 3D Max
1.Mampu membuat objek Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.
2.Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah.
3Mampu memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting.
4.Dapat menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur proses animasinya.

Kekurangan 3D Max
3D Studio max mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.


3. Blender
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis.
Blender merupakan salah satu program “Modeling 3D dan Animation”, tapi Blender mempunyai.kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya.



Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki “Engine Game” sendiri dan menggunakan “Python” sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.Blender menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada,berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X. Saat ini ini Blender sudah mengeluarkan versi yang terbarunya, yaitu Versi 2.49 yang lebih ditujukan untuk pembuat game. Karena Versi ini memiliki fitur-fitur baru yang dirancang
untuk membuat tampilan game yang lebih realistis dari pada versi sebelumnya.

Kelebihan Blender 3D

1.Tidak membutuhkan ruang kapastias yang banyak
2.Software Open Source, jadi dapat dijalankan di operating sistem Linux
3.Tidak berat saat melakukan render
4.Dan mudah untuk digunakan

Kelemahan Blender 3D

1.Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
2.Tampilan cukup berantakan
3.Semua proses dilakukan dengan manual


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Add-ons Trainz Indonesia

JR 205 series v2

KRL JR 203